Wednesday, March 21, 2012

perawatan wajah


 
Kulit wajah yang bersih, bersinar dan tidak kusam memang jadi impian semua wanita. Akan tetapi, masih banyak sekali wanita yang mengeluhkan kulit wajahnya. Problematikanya, ya tidak jauh dari wajah berkomedo, kulit berminyak, jerawat yang tak kunjung hilang bahkan kadang sampai ke warna kulit. Padahal, satu hal yang paling harus kita pahami adalah, kulit wajah yang cantik adalah kulit wajah yang sehat. Bebas dari bakteri dan kuman, sel kulit mati, dan juga kelembapan yang terjaga.

Untuk mendapatkan kulit yang sehat, tidak susah kok. Solusinya, anda hanya cukup melakukan perawatan wajah yang rutin saja. Tidak perlu takut, perawatan wajah tidak sesulit itu ko. Ada banyak macam perawatan wajah yang dapat anda lakukan, baik dirumah, atau dimanapun anda berada. Kuncinya hanya kenali jenis kulit anda, sedikit waktu dan disiplin anda!

Macam-macam Perawatan Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Sebelum memilih metode perawatan wajah yang tepat, alangkah baiknya apabila anda mengetahui jenis tipe kulit apa yang anda miliki. Pada dasarnya, terdapat 4 jenis tipe kulit. Mereka adalah, wajah dengan kulit normal, kulit sensitif, kulit berminyak dan kulit kering. Setiap jenis kulit memiliki karakteristik yang berbeda, dan tentunya memerlukan perawatan wajah yang berbeda pula. Berikut ini, info perawatan wajah sesuai dengan karakter kulit yang dapat anda gunakan:

Kulit normal.
 Kulit normal memiliki karakteristik kulit yang lembab dan halus, kadar kelenjar minyak yang rendah, tekstur kulit kenyal, tidak kusam dan memiliki sedikit jerawat. Pemilik kulit normal, dapat berbahagia, karena perawatan wajah yang diperlukan sangatlah mudah. Cukup menggunakan sabun pencuci muka dan pelembap wajah, kulit sehat dan indah pun dapat tercapai.

Kulit sensitif.
 Kulit sensitif memiliki karakteristik kulit campuran antara kulit berminyak dan kulit kering. Pada umumnya, kulit sensitif akan memproduksi kelenjar minyak berlebih di daerah batang hidung (T-zone) dan terlihat kering dan kusam di bagian pipi, dagu dan kening. Selain itu, komedo dan jerawat juga rentan timbul pada jenis kulit sensitif apabila pemilik wajah menggunakan sabun yang tidak sesuai.Perawatan wajah yang dapat dilakukan oleh pemilik kulit sensitif adalah memilih produk perawatan yang tepat. Menggunakan sabun pengangkat kelenjar miyak pada bagian T-zone dan menggunakan pelembab di area yang kering. Hindari juga pemakaian produk perawatan wajah yang mengandung alkohol, karena hal ini dapat merangsang dan menimbulkan iritasi pada kulit sensitif.

Kulit kering.
 Kulit kering memiliki karakteristik kulit yang kesat dan teksturnya kasar bahkan kadang berkerut. Perawatan wajah yang dapat dilakukan oleh pemilik kulit kering adalah menggunakan sabun cuci pembersih yang mengandung pelembab, tapi tidak mengandung alkohol. Karena penggunaan alkohol pada kulit kering dapat mengangkat serat minyak yang sebenarnya baik dibutuhkan oleh kulit wajah.

Kulit berminyak. 
Kulit berminyak memiliki karakteristik kulit yang mengkilap di seluruh wajah, akibat produksi kelenjar minyak yang berlebihan. Apabila minyak yang berlebihan ini tidak diangkat, maka tak heran apabila jerawat dan komedo dapat timbul di wajah. Perawatan wajah yang dapat dilakukan pemilik kulit berminyak adalah menggunakan produk pembersih wajah berbahan dasar air, membuka pori-pori wajah dengan memberi uap pada permukaan wajah selama 10-15 menit.
 

Apabila anda masih bingung mengatasi problem pada wajah dan kulit anda, anda juga bisa melakukan konsultasi dan mendapat perawatan wajah di salon-salon dan spa ternama. Salon dan spa ternama, memang memiliki treatment perawatan wajah yang lengkap dan tentunya mutu dan kualitasnya terjamin. Sayangnya, terkadang biaya yang harus dikeluarkan untuk menikmati perawatan wajah ini pun cenderung mahal.


sumber : dskon
via : kwangcherrymin.blogspot.com

1 comment: