Saturday, April 7, 2012

Beautiful self , Beautiful day...! (bab 3)

BAB 3 MENGETAHUI TIPE KULITKU

ingin tahu, tipe kulit seperti apa elo, elo, elo semua....?

memilih kosmetik itu, harus sesuai dengan tipe kulit seseorang , jadi kalo kita beli kosmetik untuk kulit kering , padahal kulit kita berminyak, itu akan tambah parah, bukannya kulit mulus kinclong, eh......, malah ancur gara-gara salah kosmetik. (pengalaman diri sendiri)

CARA MENGETAHUI TIPE KULIT

yaitu dengan mencuci muka dengan bersih sih sih....... , setelah itu jangan olesin apa-apa , kalo bisa juga jangan dipegang...., lalu tunggu sekitar 20 menit. karena berlalunya waktu, maka kulit akan mengeluarkan minyak secara alami. tapi tergantung sama kondisi kulit itu sendiri...., soooooo kilat lihat hasilnya.....!

KALO KULIT KERING :
pada umumnya wajah seperti tertarik dan kering, ini menandakan bahwa kamu butuh kosmetik untuk kulit kering secepatnya.......!

KALO KULIT BERMINYAK :
pada umumnya di wajah kamu akan keluar minyak , dan wajah tidak terasa tertarik karena minyak tersebut.
jadi mulai sekarang biasakan liat pada kemasan dulu sebelum maen comot beli aja...., dilihat dulu, kondisi kulitnya udah sesuai dengan kosmetik kamu apa belom.....

KALO KULIT KOMBINASI :
ini tipe kulit yang paling rumit menurut gue, gue juga bingung mau dibeliin kosmetik macam apa kalo kulit gue kulit kombinasi, biasanya kulit kombinasi itu mengilap di daerah T yaitu di daerah hidung dan dahi, tetapi terasa kering dan kencang di daerah U , yaitu pipi dan dagu.

KALO KULIT NORMAL.....!
inilah kulit yang paling didam-idamkan semua wanita.........! biasanya gak ada perasaan tertarik atau kencang dan mengilap , jadi gak kering maupun gak berminyak..., cocok banget buat kosmetik apapun dengan kondisi kulit normal....!


NOTE : tapi bukan berarti kulit wajah hanya terdiri dari satu macam tipe. Kulit wajah terus berubah tergantung cuaca atau lingkungan, usia, dan kondisi kesehatan.

ada beberapa macam faktor penting yang membedakan karakter kulit dengan kondisi kulit yang terlihat yaitu :

- KETURUNAN
- KEBIASAAN HIDUP
- LINGKUNGAN


PERAWATAN MENURUT TIPE KULIT

KULIT KERING :

pada umumnya kulit ini adalah kulit yang sangat kekurangan air dan minyak serta rapuh dan mudah muncul sel kulit mati. ketika mencuci muka, jangan mencuci terlalu bersih...., jangan gosok sana-sini , dan jangan sering mengelupas sel kulit mati . pake aja kosmetik yang bikin kulit lembab dan sedikit memberikan minyak. terus sering dipijat 1-2 kali seminggu untuk merangsang sekresi kelenjar minyak.

KULIT BERMINYAK :

ini adalah tipa kulit yang banyak mengeluarkan sebum (alias berminyak -__-) ini adalah tpe kulit gue (gak ada yang nanya!) pori-porinya besar dan sering muncul jerawat (pas...! banget). selalu tidak nyaman karena make-up sering terhapus.... (ngeselin banghet sech....) tapi disatu sisi, dengan perlindungan minyak yang banyak , penuaan kulit jadi melambat (yeah..., awet muda nich gue...!) 
caranya memcuci muka sampai bersih....!, dan menghilangkan sel kulit mati dengan sangat teratur biasanya harus membersihkan semua sebum yang dikeluarkan dengan kertas minyak, tapi jangan over bersih...!, ingat kalo kulit kalian terlalu bersih, kotoran akan jauh memasuki pori-pori, dan malah jerawatan karena kulit akan lebih giat memproduksi minyak pada wajah....! Untuk kosmetik, pake aja produk yang minyaknya sedikit, atau malah yang oil free dan memberi rasa segar pada wajah okey.....

KULIT KOMBINASI :

Wajah yang memiliki banyak minyak di daerah T (hidung dan dahi), tapi relatif kering di daerah U (pipi dan dagu). banyak banget wanita yang memiliki tipe kulit kombinasi, yaitu kering dan berminyak, jadi bukannya keseluruhan kulit dirawat dengan satu macam pola, tapi dirawat dengan membaginya sesuai daerah tipe kulit (ribetnya gak ketulungan...!). Contohnya di daerah T , tetap hilangkan sel kulit mati secara teratur dan kendalikan dengan kosmetik untuk kulit berminyak. serta penuhilah minyak didaerah U dengan produk untuk kulit kering.

KESIMPULAN :

jangan berpikir kalau tipe kulit sendiri itu hanya satu macam. karena kondisi kulit berubah tergantung musim dan usia, perawatan kulit juga jadi beragam , jadi jangan ketergantungan sama salah satu produk. Kalau diambil contoh di negara dengan empat musim, di musim panas , kulit yang terlampau kering , setelah mencuci muka hanya dioleskan toning dan essence cair dengan singkat. Tapi dimasa pergantian musim seperti musim semi dan musim gugur, kulit berubah menjadi tipe kulit kombinasi. sebagai tambahan, diaerah U diloskan lagi krim pelembab , ketika musim dingin , kulitnya jadi sedikit lebih kering , jadi oleskan krim nutrisi sebagai tambahan...

sekarang udah tahu kan tipe kulit mana elo, elo elo dan elo ....? so..., mulai sekarang check dulu pada kemasan kosmetik, jangan sampai salah pilih produk hanya karena gak sesuai dengan tipe jenis kulit , atau malah kalian ini sudah salah produk sekian lama dan baru nyadar sekarang....?


Sumber : buku dan google
via : kwangcherrymin.blogspot.com  





No comments:

Post a Comment