Saturday, May 26, 2012

fungsi unik kulit telur, berguna banget ! (serius!)


Lain kali saat Anda membuat omelet, jangan buang kulitnya. Kulit telur memiliki kegunaan hampir sebanyak telur itu sendiri.Kita simak yuk fungsi unik kulit telur, yuuuk!

-Tempatkan di wajah.  Untuk mengembalikan cahaya muda untuk kulit Anda, hancurkan kulit telur yang sudah dibersihkan, keringkan, lalu tumbuklah. Campurkan bubuk kulit telur dengan putih telur dan oleskan pada kulit. Biarkan hingga mengering  kemudian cucilah.Efeknya hampir sama dengan masker ekstrak telur, wajah makin kenceng!

-Membersihkan rumah. Kulit telur bisa digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tanggan (yang aman dan tidak beracun). Campurkan dengan air sabun sedikit untuk membersihkan mangkuk, panci, atau termos.
Saluran air yang tersumbat. Masukkan sedikit kulit telur di saringan wastafel dapur Anda. Kulit telur itu akan menjebak padatan dan membuatnya perlahan-lahan rusak, akhirnya akan membantu secara alami membersihkan pipa dari sumbatan.

-Pupuk di kebun Anda. Kulit telur kaya akan kalsium dan mineral lain yang membantu taman Anda berkembang. Hancurkan kulit telur menjadi potongan-potongan kecil dan gunakan sebagai kompos.
Membersihkan kulit. Masukkan kulit telur ke dalam wadah kecil tambahkan cuka sari apel dan rendamlah selama beberapa hari. Oleskan campuran ini pada kulit yang iritasi ringan atau gatal pada kulit.

-Tempat pembibitan. Bagian cangkang dibilas dan buat lubang untuk drainase. Tambahkan tanah dan satu atau dua biji benih untuk tiap kulit. Bila bibit cukup besar untuk ditanam di tanah, cukup hanya meretakkan kulit di bagian bawah dan tanamlah di tanah termasuk kulit telurnya.

-Membentengi kesehatan hewan peliharaan. Keringkan kulit telur pada suhu 100oC atau lebih selama 30 menit. Kemudian masukkan dalam kantong plastik, dan hancurkan cangkang sampai menjadi bubuk halus. Masukkan bubuk ini ke dalam makanan anjing sebagai suplemen kalsium yang baik untuk membantu kesehatan tulang dan gigi.

-Menakut-nakuti siput. Hancurkan kulit telur dan sebarkan di sekitar sayuran dan bunga untuk menangkis pemakan tanaman, seperti siput, keong, tanpa menggunakan pestisida beracun. Bau telur juga akan menghalau rusa.

-Mempermanis kopi.Baru kali ini ada yang bilang kulit telur bisa jadi pengganti gula, Tambahkan beberapa kulit telur yang telah dilumatkan untuk kopi bubuk agar membuat rasanya kurang pahit. Setelah selesai, buang ampasnya menjadi kompos.


Itulah beberapa fungsi unik dari telur, jadi jangan segan2 untuk memakan kulit telur juga! daripada kuda lumping , makan kaca , mending kulit telur mengandung kalsium :)


sumber : kwangcherrymin.blogspot.com

No comments:

Post a Comment